Plh Sekda Provinsi Buka Acara Musabaqah Hifdzil Qur’an Antar Pondok Pesantren se-Sulsel

By Admin


MAKASSAR -- Gelaran kegiatan Musabaqah Hifzhil Quran (MHQ) oleh Ikatan Keluarga Darul Huffad Cabang Makassar, berlangsung mulai 26 - 28 Juli 2024 di Asrama Haji Sudiang, Makassar. Diikuti oleh 90 pesantren se-Sulawesi Selatan dengan 305 jumlah peserta. 

Pembukaan yang berlangsung meriah Jumat (26/07/2024) malam di Aula Utama Asrama Haji dihadiri 500 peserta dan tamu undangan untuk menyaksikan seremoni pembukaan MHQ.

Ketua panitia pelaksana MHQ IKDH Henri Hasrianto menyampaikan dalam sambutannya tentang kegiatan MHQ yang terlaksana tanpa membebankan biaya pada peserta.

"Alhamdulillah kegiatan MHQ bisa terlaksana tanpa membebankan biaya sekecil apapun pada peserta atau gratis," ucapnya dalam sambutan.

Sambutan Ketua IKDH Makassar, Rajuddin menyampaikan pula tentang tujuan diadakannya MHQ untuk mensyiarkan Agama lewat Al-Qur'an dan ajang silaturahmi antar Ponpes Se-sulsel.

"Kegiatan MHQ Bertujuan untuk menyiarkan agama Allah SWT melalui Al-Qur'an dan juga sebagai bentuk silaturahmi kita antar Ponpes Se-sulsel".

Lalu sambutan-sambutan selanjutnya oleh 4 Tokoh besar terlaksananya MHQ ini, yaitu dari Pimpinan Pondok Pesantren Darul Huffadh oleh Ustadz H. Saad Said, S.Ag. Perwakilan Walikota Makassar oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. H. Muhammad Andi Yasir, M.Si, Perwakilan Gubernur Sulawesi Selatan oleh Pelaksana Harian Sekda Provinsi Sulawesi Selatan oleh Bapak Ir. Andi Darmawan Bintang M.Dev.P.L.G.

Plh Sekda Provinsi Sulawesi Selatan didampingi pimpinan pondok pesantren Darul Huffadh, perwakilan Walokota Makassar, dan utusan Kemenag Pronvinsi menabuh gong sebagai tanda dibukanya MHQ antar pondok pesantren Se-Sulawesi Selatan dan diakhiri dengan sesi Foto bersama.

Rangkaian acara pembukaan di tutup dengan Seminar Alqur'an bersama 2 narasumber yaitu AKBP atau Ajun komisaris Besar Polisi Bapak H. Muhtar, S.E dari Kapolda Sulsel dan Ayahanda Bapak Pimpinan Pondok Pesantren Darul Huffadh Ustadz H. Saad Said, S.Ag.

Kegiatan Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) akan berlangsunng sampai hari ahad tgl 28 Juli 2024, dengan kategori lomba 5, 10, 20, dan 30 juz

Rangkaian acara MHQ akan ditutup dengan pelatihan cara menghafal Al-Quran dengan metode gerak, sekaligus pengumuman dan penyerahan hadiah. (hen)